Transmisi otomatis dilengkapi dengan kopling fluida sehingga mempermudah pengemudi dalam menjalankan mobilnya. Pengemudi tidka disibukkan oleh tugas menginjak pedal kopling sehingga tidak cepat lelah. Dengan transmisi otomatis pengemudi menjadi lebih ringan tugasnya karena tidak harus selalu memilih dan memindahkan posisi transmisi selama mobil berjalan. Pemindahan gigi pada transmisi otomatis berlangsung dengan sendirinya. Dengan menggunakan kopling fluida maka perpindahan putaran dari motor ke transmisi berlangsung dengan halus sehingga tidak timbul hentak – hentakkan. Tetapi dengan menggunakan kopling fluida maka kemungkinan untuk timbulnya selip agak besar sehingga banyak tenagan motor yang hilang. Kopling fluida terdiri atas komponen – komponen penggerak dan yang digerakkan. Bagian yang berfungsi sebagai penggerak disebut pump impeller dan bagian yang digerakkan disebut turbine runner. Kedua bagian tersebut ditempatkan di dalam sebuah housing yang diisi penuh dengan minyak dan dipasang saling berhadapan. Pump impeller berhubungan langsung dengan poros engkol, turbine runner berhubungan langsung dengan poros pompa masuk transmisi. Bila motor berputar, pump impeller menggerakkan minyak untuk memutarkan turbine runner dan meneruskan putaran motor ke transmisi.
Salah satu contoh transmisi otomatis adalah Toyoglide yang dikembangkan dengan sukses sejak tahun 1959. Toyoglide terdiri atas tiga bagian utama yaitu:
Salah satu contoh transmisi otomatis adalah Toyoglide yang dikembangkan dengan sukses sejak tahun 1959. Toyoglide terdiri atas tiga bagian utama yaitu:
- Torque convertor yang bekerja secara otomatis untuk menambah momen yang diterima dari motor.
- Planetary gear (pembantu transmisi) yang memungkinkan mobil berjalan mundur.
- Bagian pengontrol hidrolis yang mengatur kerjanya planetary gear dan juga berfungsi menyediakan pelumas untuk bagian – bagian torque convertor.
Pemeriksaan dan perawatan:
Untuk perawatan transmisi otomatis, perhatikan buku pedoman servisnya. Hal ini dikarenakan jenisnya yang banyak sekali. Perawatan yang mudah dilakukan adalah dengan selalu memeriksa dan mengganti minyak pelumas transmisi tersebut.- Periksa tinggi permukaan minyak pelumas transmisi dalam keadaan transmisi panas normal.
- Ganti minyak pelumas transmisi dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan buku pedoman servisnya (biasanya sekitar jarak tempuh 37.500 km).
- Isi minyak pelumas harus tepat antara tanda batas bawah dan tanda batas atas. Dalam keadaan dingin tinggi minyak pelumas harus ada pada tanda bawah.
- Hidupkan motor pada putaran idel (stasioner) beberapa saat sampai bak transmisi mencapai suhu normal. Setelah itu tambahkan minyak pelumas sampai tanda batas atas dari batang pengukur minyak pelumas.
Penampang transmisi otomatis
Jumat, 11 Oktober 2013
Transmisi
Transmisi pada mobil berfungsi untuk menyesuaikan momen yang dibutuhkan dengan keadaan jalan atau putaran motor. Di samping itu juga transmisi berfungsi juga untuk mengubah arah putaran poros propeller sehingga mobil bisa berjalan mundur. Transmisi yang digunakan pada mobil ada bermacam – macam antara lain:
- Selective gear transmisi. Jenis ini masih dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
- Model sliding mesh
- Model constant mesh
- Model syncromesh
- Planetary gear transmision
- Transmisi otomatis. Transmisi otomatis ada dua macam , yaitu model cairan dan model elektronik.
Di antara ketiga model transmisi tersebut di atas, transmisi model selective gear paling banyak digunakan karena konstruksinya sederhana sehingga perawatannya lebih mudah.
- Model sliding mesh. Pada model ini untuk memperoleh putaran out put yang dikehendaki dilaksanakan oleh roda – roda gigi yang dapat meluncur dari berbagai macam ukuran yang dipasang pada out putnya.
- Model constant mesh. Model constant mesh dilengkapi dengan gigi kopling yang diberi alur – alur dan ditempatkan sedemikian upa pada poros output sehingga dapat diluncurkan sepanjang alur – alur untuk berkaitan dengan alur roda gigi constant mesh yang selalu berputar tetap.
- Model syncromesh. Pada model ini sistem transmisi dilengkapi dengan kopling berbentuk kerucut yang disebut syncronizer ring. Dengan adanya ring synchronizer ini perpindahan gigi – gigi transmis busa berlangsung dengan lembut.
Pemeriksaan dan perawatan:
Hidupkan motor pada posisi transmisi netral kemudian tekan pedal kopling pindahkan ke posisi transmisi gigi satu atau yang lebih tinggi.
- Apabila sistem kopling bekerja dengan baik tetapi pemindahan posisi transmisi tidak dapat dilakukan dengan baik dan terdengar bunyi tidak normal dari bak transmisi maka ada kemungkinan besar bahwa komponen sinkromesh dari transmisi telah rusak.
- Apabila terdengar bunyi tidak normal, meskipun transmisi pada posisi netral, tekan pedal kopling. Jika bunyi tersebut hilang maka hal berarti bunyi berasal dar bak transmisi.
- Periksalah keadaan minyak pelumas pada bak transmisi. Apabila pelumas pada bak transmisi kotor atau mengandung serbuk logam, gantilah minyak pelumas tersebut. Apabila jumlah minyak pelumasnya kurang maka tambahlah dengan minyak pelumas yang sejenis.
- Periksalah apakah ada kebocoran – kebocoran minyak pelumas dari bak transmisi. Jika terdapat kebocoran – kebocoran ringan perbaiki dengan segera.

Transmisi

Unit syncromesh pada transmisi
Bagian – bagian bak transmisi
- Garpu pemindah dan bantalan
- Perapat dan tutup
- Rumah kopling
- Tutup rumah dan gasket
- Sumbat minyak
- Gigi penggerak speedometer
- Dudukan mesin belakang
- Rumah poros dan gasket
Bagian – bagian roda gigi transmisi
- Poros dan roda gigi perantara gigi mundur
- Poros roda gigi yang digerakkan dan kunci
- Satuan poros keluar
- Cincin sinkromes
- Satuan poros masuk
- Satuan roda gigi yang digerakkan dan cincin penutup samping
Bagian – bagian roda gigi transmisi
Keterangan;
- Cincin perapat
- Roda gigi penggerak speedometer, spacer (tabung) dan pasak.
- Satuan penahan bantalan, bos bantalan, roda gigi pertama dan cincin sinkromes.
- Peluru pengunci
- Satuan hub kopling no.2, cincin sinkromes dan roda gigi kedua
- Cincin perapat
- Satuan hub kopling no.2 , cincin sinkromes dan roda gigi ketiga
Posting Komentar